Implementasi Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Ulasan Shopee pada Google Play Store
The Implementation of Naïve Bayes Algorithm for Sentiment Analysis of Shopee Reviews On Google Play Store
DOI:
https://doi.org/10.57152/malcom.v2i1.195Keywords:
Analisis Sentimen, Naïve Bayes, Play Store, Shopee, UlasanAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berbagai hal dalam kehidupan. Teknologi yang tumbuh secara terus-menerus tentu menghasilkan data dalam jumlah yang sangat besar yang dapat memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat. Google memiliki sebuah layanan yang dikenal dengan nama Play Store yang terdapat fitur dimana user dapat memberikan ulasan terhadap produk yang mereka gunakan. Pada penelitian ini melakukan analisis sentimen pada ulasan aplikasi Shopee pada Google Play Store dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes dengan menggunakan teknik pembagian data yang berbeda. Hasil penelitian diketahui bahwa pembagian data Hold-Out dengan perbandingan 80:20 menghasilkan akurasi algoritma sebesar 83%, yang lebih unggul 1% dibandingkan dengan hasil akurasi rata-rata dengan menggunakan teknik pembagian data 10-Cross Fold Validation yaitu sebesar 82%.
References
S. Wahyu Handani, D. Intan Surya Saputra, Hasirun, R. Mega Arino, and G. Fiza Asyrofi Ramadhan, “Sentiment analysis for go-jek on google play store,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1196, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1196/1/012032.
B. Gunawan, H. S. Pratiwi, and E. E. Pratama, “Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 4, no. 2, p. 113, 2018, doi: 10.26418/jp.v4i2.27526.
N. Herlinawati, Y. Yuliani, S. Faizah, W. Gata, and S. Samudi, “Analisis Sentimen Zoom Cloud Meetings di Play Store Menggunakan Naïve Bayes dan Support Vector Machine,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, p. 293, 2020, doi: 10.24114/cess.v5i2.18186.
D. Pratmanto, R. Rousyati, F. F. Wati, A. E. Widodo, S. Suleman, and R. Wijianto, “App Review Sentiment Analysis Shopee Application in Google Play Store Using Naive Bayes Algorithm,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1641, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1641/1/012043.
A. Rahman, E. Utami, and S. Sudarmawan, “Sentimen Analisis Terhadap Aplikasi pada Google Playstore Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan Algoritma Genetika,” J. Komtika (Komputasi dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 60–71, 2021, doi: 10.31603/komtika.v5i1.5188.
S. Chohan, A. Nugroho, A. M. B. Aji, and W. Gata, “Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Duolingo Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Synthetic Minority Over Sampling Technique,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 22, no. 2, pp. 139–144, 2020, doi: 10.31294/p.v22i2.8251.
A. D. Adhi Putra, “Analisis Sentimen pada Ulasan pengguna Aplikasi Bibit Dan Bareksa dengan Algoritma KNN,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 636–646, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.962.
A. Harun and D. P. Ananda, “Analysis of Public Opinion Sentiment About Covid-19 Vaccination in Indonesia Using Naïve Bayes and Decission Tree Analisa Sentimen Opini Publik Tentang Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Menggunakan Naïve Bayes dan Decission Tree,” Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 1, no. April, pp. 58–63, 2021.
D. P. Daryfayi Edyt and I. Asror, “Sentimen Analisis pada Ulasan Google Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes,” Sentimen Anal. pada Ulas. Google Play Store Menggunakan Metod. Naïve Bayes, vol. 7, no. Ulasan Pada Google Play Store, p. 11, 2020.
F. F. Irfani, “Analisis Sentimen Review Aplikasi Ruangguru Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Inform., vol. 16, no. 3, pp. 258–266, 2020, doi: 10.26487/jbmi.v16i3.8607.
D. Musfiroh et al., “Analisis Sentimen terhadap Perkuliahan Daring di Indonesia dari Twitter Dataset Menggunakan InSet Lexicon,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 24–33, 2021.
S. T. Rizaldi and M. Mustakim, “Perbandingan Teknik Pembagian Data untuk Klasifikasi Sarana Akses Air pada Algoritma K- Nearest Neighbor dan Naïve Bayes Classifier,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind. 12, pp. 130–137, 2020.