Analisa dan Perancangan Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat Menggunakan Metode Prototyping pada Mal Pelayanan Publik XYZ
Analysis and Design of Application Community Satisfaction Index using Prototyping Method Based of Public Service Mall XYZ
DOI:
https://doi.org/10.57152/malcom.v2i1.220Keywords:
MPP, IKM, Mal Pelayanan Publik, PrototypingAbstract
Peningkatan mutu pelayanan dapat dilakukan dengan proses evaluasi dari penilaian, pada instansi pemerintahan yang memberikan layanan kepada publik diwajibkan untuk melakukan penilaian melalui indeks kepuasan masyarakat seperti yang tertuang pada peraturan KEMENPAN-RB. MPP XYZ selama ini masih menggunakan cara manual seperti memberikan angket kepada masyarakat, hal ini menyebabkan aktivitas penilaian menjadi tidak efektif dan evisien. Pengembangan sistem IKM dilakukan dengan menggunakan metode prototyping untuk mendapatkan sistem yang sesuai dengan keinginan pengguna dan mendapatkan umpan balik yang cepat dari dari sisi perancangan atarmuka pengguna. Setelah melakukan dua kali iterasi pada tahapan prototyping, sistem berhasil diimplementasikan pada ketiga aktor pengguna masyarakat, admin dan pimpinan.
References
M. NEGARA, “Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik,” 2017. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132600/permen-pan-rb-no-14-tahun-2017.
R. D. Zoraya and H. Priyanto, “PDAM TIRTA KHATULISTIWA KOTA PONTIANAK DENGAN METODE CUT OFF POINT BERBASIS ANDROID,” vol. 1, 2001.
R. S. Rochman, “Rancang Bangun Aplikasi Analisis Indeks Kepuasan Pelanggan pada PT . PLN ( Persero ) Area Jember dengan Menggunakan Pendekatan Metode Servqual dan K-Means Clustering,” 2016.
A. N. Paradhita, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian untuk Mengukur Index Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Cobit 5,” vol. 2, no. 2, pp. 35–44, 2021.
D. Avison and G. Fitzgeral, information system development methodologies, techniques & tools. 2006.
I. Sommervilee, Software Engineering. 2003.