Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan
Implementing the C4.5 Algorithm for Customer Satisfaction Classification
DOI:
https://doi.org/10.57152/malcom.v5i4.2211Keywords:
Algoritma C4.5, Implementasi, Kepuasan, Klasifikasi, PelangganAbstract
Perkembangan industri kuliner di Indonesia menunjukkan tren yang semakin kompetitif, didorong oleh meningkatnya jumlah pelaku usaha dan perubahan preferensi konsumen yang dinamis. Dalam situasi ini, kepuasan pelanggan menjadi faktor kunci yang sangat menentukan keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis, termasuk bagi usaha kuliner tradisional seperti Restaurant Ayam Bekakak. Namun, pengelolaan data kepuasan pelanggan yang selama ini dilakukan secara konvensional sering kali bersifat subjektif dan tidak menghasilkan informasi yang dapat diolah secara sistematis. Hal ini menyebabkan sulitnya dalam pengambilan keputusan yang berbasis data (data-driven decision making). Oleh karena itu, dibutuhkan metode analisis yang mampu mengolah data kepuasan pelanggan secara lebih akurat dan objektif. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan metode data mining, khususnya algoritma C4.5. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma C4.5 mampu mengklasifikasikan tingkat kepuasan pelanggan dengan akurasi sebesar 96,15%, dengan nilai precision 100% dan recall 95,2%. Nilai ini menunjukkan bahwa model dapat memprediksi kepuasan pelanggan dengan tingkat kesalahan yang sangat kecil. Dari hasil confusion matrix, hanya satu data yang salah klasifikasi, di mana pelanggan yang sebenarnya “puas” terdeteksi sebagai “tidak puas”. Hal ini menunjukkan bahwa model memiliki kemampuan generalisasi yang tinggi dan kesalahan klasifikasi yang minim. Kesesuaian karakteristik data dengan algoritma C4.5.
Downloads
References
D. Telaumbanua and I. Kurniawati, “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Layanan Pengiriman,” JoMMiT J. Multi Media dan IT, vol. 6, no. 1, 2022.
D. Yunita and I. H. Ikasari, “Perbandingan Metode Klasifikasi C4.5 dan Naïve Bayes untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 6, no. 3, pp. 2622–4615, 2021.
D. Bayu Febriyanto, L. Handoko, H. Aisyah, and Rumini, “Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pembeli Online Shop,” J. Ris. Komput., vol. 5, no. 6, pp. 569–575, 2018.
A. R. Damanik, I. Gunawan, R. K. Sormin, H. S. Tambunan, S. Sumarno, and S. Darma, “Analisis Metode C4.5 Dalam Mengukur Akurasi Kepuasan Mahasiswa/i Terhadap Layanan Perpustakaan,” Digit. Transform. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 699–704, 2024.
C. R. Aditya Nugroho and T. Kristiana, “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Kepuasan Pelanggan Toko Online Parfume Chantik,” J. Algoritm., vol. 3, no. 1, pp. 10–21, 2022.
S. Arini Damanik and M. Safii, “Seminar Nasional Informatika (SENATIKA) Prosiding SENATIKA 2023 Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Mengetahui Faktor Kepuasan Konsumen Pada PT Mandala Multifinance Cabang Pematang Siantar,” 2023.
A. Fauzia, N. Ndruru, and A. Sindar, “Katera?: Jurnal Sains dan Teknologi Penerapan Data Mining Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Menggunakan Algoritma C4.5,” vol. 1, pp. 23–30, 2024.
Y. Bastian et al., “Analisis Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Indihome Pada Kota Pematangsiantar,” Januari, vol. 2, no. 1, pp. 62–69, 2021.
S. M. Putri and S. A. Arnomo, “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Hinet Batam),” J. Inf. Syst. Res., vol. 1, no. 2, pp. 70–76, 2020.
Y. I. Lestari, S. Defit, and Y. Yuhandri, “Prediksi Tingkat Kepuasan Pelayanan Online Menggunakan Metode Algoritma C.45,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 3, pp. 148–154, 2021.
F. R. Wiratama, “Implementasi Algoritma C4 . 5 untuk Analisa Performa Pelayanan,” Explor. Inform., vol. 6, pp. 127–135, 2017.
S. G. Ahmad, D. Arifianto, and W. Suharso, “Jurnal Smart Teknologi Jurnal Smart Teknologi,” Univ. Muhammadiyah Jember, vol. 3, no. 5, pp. 502–510, 2022.
B. Sudrajat, “Penggunaan Algoritma C4.5 Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Pada Warnet Game Victory,” J. Ilmu Tek. dan Komput., vol. 6, no. 1, p. 27, 2022.
F. Fitrayana and K. Rizal, “Bianglala Informatika?: Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Dalam Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang (Studi Kasus?: Pt Nusantara Card Semesta Cabang Kema,” vol. 12, no. 1, p. 2024, 2024.
T. H. Toto.Hermanto, “Customer Satisfaction Analysis Using the C4.5 Algorithm at Askara Minimarket,” Sci. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 16–19, 2024.
A. Steffany, K. A. Aldzikri, M. A. R. Tricahya, and M. I. Arfiandono, “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Menganalisis Kepuasan E-Commerce Shopee,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 6, pp. 700–706, 2023.
B. Apriliyawan and S. Lestari, “Performance Analysis Of C4.5 And Naïve Bayes Algorithm On Customer Relationship Management (CRM) In Jatimas Furniture Ltd,” Icitb, no. December, pp. 20–27, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Listina Nadhia Ningsih, Riska Septiani, Angga Pramadjaya, Seli Nuralisah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright © by Author; Published by Institut Riset dan Publikasi Indonesia (IRPI)
This Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

















