Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application VLive Menggunakan Model SCSI
Analysis of User Experience Effect on Users of VLive Mobile Application Using The SCSI Model
DOI:
https://doi.org/10.57152/malcom.v2i2.398Keywords:
DeLone, McLean, Model SCSI, User Experience, User SatisfactionAbstract
VLive merupakan sebuah aplikasi yang berkembang seiring trend Kpop dan teknologi semakin meningkat, berdasarkan hasil unduhan google play store sebanyak >50 juta unduhan pengguna Vlive. Permasalahan yang dialami berdasarkan keluhan yang dirasakan pengguna pada kolom komentar di google play store dan appstore cenderung mengarah pada permasalahan kualitas sistem dan layanan pada aplikasi VLive. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor pengaruh adanya keluhan pada aplikasi mobile VLive yang memberikan dampak negatif pada kepuasan pengguna. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis pengaruh persepsi user experience terhadap kepuasan pengguna. dengan menggunakan model Delone and McLean serta SmartPLS digunakan untuk membantu mengolah data hasil penyebaran kuesioner, dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode PLS-SEM, menggunakan simple random sampling dengan sampel populasi menggunakan lemeshow. Hasil Penelitian Variabel perceived hedonic dan service quality dapat meningkatkan kepuasan pengguna pada mobile application VLive. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian kedua variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel user satisfaction. Sementara variabel information quality, perceived utilitarian, system quality terhadap user satisfaction tidak terdapat pengaruh signifikan.
References
A. Aisyah and N. Y. Jin, “K-Pop V fansubs, V LIVE and NAVER dictionary: Fansubbers’ synergy in minimising language barriers,” 3L Lang. Linguist. Lit., vol. 23, no. 4, pp. 112–127, 2017, doi: 10.17576/3L-2017-2304-09.
D. Putri Sekti Ari and L. Hanum, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Djp Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modifikasi E Govqual,” Profit, vol. 15, no. 01, pp. 104–111, 2021, doi: 10.21776/ub.profit.2021.015.01.11.
M. Hassenzahl, “The Thing and I: Understanding the Relationship Between User and Product,” no. January 2005, pp. 301–313, 2018, doi: 10.1007/978-3-319-68213-6_19.
S. Hidayatuloh, R. H. Kusumaningtyas, and Y. Aziati, “Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean,” Appl. Inf. Syst. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 73–83, 2021, doi: 10.15408/aism.v2i2.20159.
N. Amalina and S. H. Helni Mutiarsih Jumhur, “The Influence of User Experience towards User Satisfaction of E-Government Service: a Case Study of GAMPIL Application,” Int. J. Sci. Res. Publ., vol. 8, no. 3, pp. 254–259, 2018, doi: 10.29322/ijsrp.8.3.2018.p7538.
Z. Zahidi, Y. P. Lim, and P. C. Woods, “User experience for digitisation and preservation of cultural heritage,” Proc. - 2013 Int. Conf. Informatics Creat. Multimedia, ICICM 2013, pp. 13–16, 2013, doi: 10.1109/ICICM.2013.11.
S. Petter and E. R. McLean, “A meta-analytic assessment of the DeLone and McLean IS success model: An examination of IS success at the individual level,” Inf. Manag., vol. 46, no. 3, pp. 159–166, 2009, doi: 10.1016/j.im.2008.12.006.
I. nyoman kanca and N. P. Dartini, “tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan akademik jurusan penjaskesrek,” ??????, 2015.
M. Yulianti, “Pengaruh User Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Pengguna Operator Seluler Di Indonesia,” e-Proceeding Manag., vol. 4, no. 1, pp. 111–118, 2017.
C. M. Ringle, M. Sarstedt, R. Mitchell, and S. P. Gudergan, “Partial least squares structural equation modeling in HRM research,” Int. J. Hum. Resour. Manag., vol. 31, no. 12, pp. 1617–1643, 2020, doi: 10.1080/09585192.2017.1416655.