Implementasi Algoritma K-Means untuk Pengelompokan Distribusi Sosial Ekonomi Masyarakat Berdasarkan Demografi Kependudukan

Implemnetation of K-Means Algorithm for Economic Distribution Clustering Base on Demographics of Population

Authors

  • Desi Syaputri UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Puji Herwina Noprita UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Siti Romelah Departement of Computer Engineering and Netwoking, Vocational High School of 1 Rejotangan, Tulungagung

Keywords:

Distribusi Sosial Ekonomi Sosial Ekonomi Masyarakat Perumahan, K-Means

Abstract

Kependudukan merupakan salah satu masalah yang harus diperhatikan dalam proses pembangunan, dimana ada beberapa faktor yang mencakup hal tersebut diantaranya jumlah, komposisi dan distribusi penduduk. Dalam pelaksanaan pembangunan, penduduk merupakan faktor yang sangat dominan karena tidak saja menjadi sasaran tetapi juga menjadi pelaksana dari pembangunan. Keberhasilan suatu proses pembangunan selain tergantung pada banyak sedikitnya jumlah penduduk di suatu wilayah juga ditentukan oleh kualitas sumber daya itu sendiri dan ketesediaan sumber daya yang lain. Akibat dari pembangunan tersebut, banyak sekali perubahan yang terjadi, seperti perubahan penggunaan lahan dan perubahan-perubahan yang terkait sosial ekonomi, seperti jumlah penduduk, fasilitas dan pelayanan sosial, pendapatan, migrasi dan selain itu juga menyebabkan adanya tingkat perkembangan sosial ekonomi dan demografi peri-urban. Penelitian ini menggunakan algoritma K-Means untuk indeks penjelasan dalam statistik dan mesin pembelajaran, pengelompokkan K-Means merupakan metode analisis kelompok yang mengarah pada pemartisian N objek pengamatan ke dalam K kelompok (cluster) dimana setiap objek pengamatan dimiliki oleh sebuah kelompok dengan mean (rata-rata) terdekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan Distribusi Sosial Ekonomi Sosial Ekonomi Masyarakat Perumahan di Kota Pekanbaru berdasarkan Demografi Kependudukan, dan juga untuk mengetahui bagaimana sebenarnya pola hubungan sosial ekonomi di lingungan warga perumahan yang ada di Pekanbaru dilihat berdasarkan demografi kependudukannya.

References

Abdulsyani. (1994). Sosiologi dan Perubahan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Jaya.

Chairany, M. (2010). Analisis Jumlah Penduduk Kecamatan Padang Bolak Pada Tahun 2012. Jurnal Online.

Darusasi, R., & Pitoyo, A. J. (2010). KONDISI DEMOGRAFI DAN SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PEKERJA ANAK DKI JAKARTA.

Febrina, L., Normelani, E., & Hastuti, K. P. (2016). Indentifikasi Kondisi Sosial Ekonomi Penduduk di Kelurahan Kelayan Luar Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Pendidikan Geografi.

Han, J. (2006). Data Mining Concepts and Techniques Second Edition . San Francisco: Morgan Kauffman.

Kartono, K. (1992). Patologi Sosial II Kenakalan Remaja. Rajawali.

Mulia Sari, A. C. (2012). Pengaruh Kepimilika Aset, Pendidikan, Pekerjaan, dan Jumlah Tanggungan Terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Kamila, I., Khairunnisa, U., Mustakim, M., "Perbandingan Algoritma K-Means dan K-Medoids untuk Pengelompokan Data Transaksi Bongkar Muat di Provinsi Riau", Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2019, 5(1):119-125.

Nur, F., Zarlis, P., & Nasution, D. B. (2017). Penerapan Algoritma K-Means Pada Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Clustering Jurusan. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan.

Pekanbaru, B. K. (2016, Desember). Statistik Kesejahteraan Rakyat Pekanbaru.

Prasetyo, E. (2012). Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi.

Selviana, N.I dan Mustakim, M, "Analisis Perbandingan K-Means dan Fuzzy C-Means untuk Pemetaan Motivasi Balajar Mahasiswa", Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 8, 2016..

Svalastoga, K. (1989). Diferensiasi Sosial. Bina Askara.

Tan, P. e. (2006). Introduction to Data Mining . Boston: Pearson Education.

Tulanen, A. F. (2014). Perkembangan Jumlah penduduk dan luas lahan pertanian di Kabupaten Minahasa selatan. Jurnal Online.

Downloads

Published

2021-03-06