Aplikasi Pengenalan dan Pelestarian Wisata Kebudayaan Provinsi Bali Berbasis Mobile
Mobile-Based Recognition and Preservation Application for Cultural Tourism in Bali Province
DOI:
https://doi.org/10.57152/malcom.v3i2.939Keywords:
Aplikasi, Kebudayaan, Provinsi Bali, Wisata, Wisata BudayaAbstract
Wisata budaya merupakan destinasi wisata yang populer di Bali sebagai salah satu destinasi utama. Wisatawan sering kesulitan mendapatkan informasi yang akurat dan tepat mengenai wisata budaya yang ada di Bali, hal ini menghambat pemahaman mendalam tentang kekayaan budaya lokal dan terkadang tidak mengetahui aturan yang berlaku. Wisatawan memerlukan media yang bisa memberikan informasi lengkap dan dapat dipercaya terkait wisata budaya. Solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi hal tersebut adalah penggunaan aplikasi yang mudah digunakan sebagai media informasi. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi pengenalan dan pelestarian wisata kebudayaan Provinsi Bali berbasis mobile. Aplikasi ini akan menyediakan berbagai informasi yang mudah diakses, informasi akurat tentang wisata budaya Bali, dan mendorong pelestarian warisan budaya. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode Design Thinking, dengan tahap-tahap seperti empathize, define, ideate, prototype, dan test. Aplikasi ini diharapkan bisa membuat wisatawan dapat lebih memahami, mengapresiasi kebudayaan Bali dan mendukung upaya pelestarian wisata budaya di Bali.
References
R. D. Putra, S. Sukaesih, W. Erwina, dan L. Khoerunnisa, “Penggunaan website Sumbar Travel terhadap pemenuhan kebutuhan informasi wisatawan di Sumatera Barat,” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, vol. 9, no. 2, hlm. 219, Des 2021, doi: 10.24198/jkip.v9i2.25456.
S. Lestari, “Tiga Kelemahan yang Dikeluhkan Wisatawan di Bali,” Kompas.com. Diakses: 24 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: kompas.com
N. M. Budiasih, “Pengembangan Konsep Pariwisata untuk Memperkuat Fondasi Pelestarian Budaya dan Spiritual Bali,” Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, vol. 3, no. 1, hlm. 83–89, 2018.
M. I. A. Darusiam, D. Hidayat, dan A. A. Razi, “PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI MOBILE UNTUK WISATA PANGALENGAN BANDUNG,” eProceedings of Art & Design, vol. 8, no. 6, 2021.
R. L. Rahardian dan Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti, “E-Tourism Provinsi Bali Berbasis Web dengan Framework Laravel,” Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), vol. 14, no. 2, hlm. 89–98, Agu 2020, doi: 10.30864/jsi.v14i2.298.
A. F. R, D. Setyawan, I. Refraugati, M. D. C, dan I. S. Widiati, “Perancangan Prototype Aplikasi Review Wisata Berbasis Mobile,” Jurnal Ilmiah IT CIDA: Diseminasi Teknologi Informasi, vol. 8, no. 1, hlm. 55–67, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.55635/jic.v8i1.158.
S. Shofia Rosyda dan I. Sukoco, “Model Design Thinking pada Perancangan Aplikasi Matengin Aja,” Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, vol. 3, no. 1, hlm. 1–12, 2020, doi: 10.35138/organu.
R. Ilham Syabana, P. Yoga Saputra, dan A. Nur R, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI KOTAKKU,” SEMINAR INFORMATIKA APLIKATIF POLINEMA, hlm. 46–52, 2020.
A. Ar Razi dkk., “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENANGANAN LAPORAN KEHILANGAN DAN TEMUAN BARANG TERCECER,” Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 03, no. 02, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://bit.do/demandia
R. L. Rahardian dan W. A. Putera, “System Usability Scale pada Penerapan Gamification di Aplikasi Toko Online,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 2, hlm. 5707–5717, 2023.
S. Almas Andina dan I. Aliyah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur,” Cakra Wisata, vol. 22, no. 1, 2021.
I. Nugraheni dan I. Aliyah, “STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS IDENTIFIKASI KLASTER WISATA BUDAYA KOTA SURAKARTA,” Cakra Wisata, vol. 21, no. 1, 2020.
I. Made Gami Sandi Untara dan W. Supada, “EKSISTENSI PURA TANAH LOT DALAM PERKEMBANGAN PARIWISATA BUDAYA DI KABUPATEN TABANAN,” Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, vol. 1, no. 2, hlm. 186–197, 2020.
I. A. P. Wedayanti dan A. A. I. A. A. Dewi, “ASPEK HUKUM DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DAN PEMBANGUNAN CAGAR BUDAYA KERTHA GOSA (STUDI DI KABUPATEN KLUNGKUNG),” Jurnal Kertha Semaya, vol. 10, no. 2, hlm. 455–464, 2022.
N. M. D. S. YUNIARTINI, “PENERAPAN TRAVEL COST METHOD DALAM VALUASI EKONOMI KAWASAN WISATA BUDAYA DESA PENGLIPURAN KABUPATEN BANGLI,” Diss. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, 2021.
G. Mahardika, “Pura Ulun Danu Beratan Sebagai Daya Tarik Wisata (DTW) Desa Candikuning Kabupaten Tabanan,” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, vol. 4, no. 3, hlm. 352–363, 2021.
P. Aridiantari, I. W. Lasmawan, dan I. N. Suastika, “EKSISTENSI TRADISI DAN BUDAYA MASYARAKAT BALI AGA PADA ERA GLOBALISASI DI DESA TRUNYAN,” Ganesha Civic Education Journal, vol. 2, no. 2, hlm. 67–80, 2020.
G. Karnawan, S. Andryana, dan R. Titi Komalasari, “IMPLEMENTASI USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PROTOTYPE APLIKASI CLEANSTIC,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, hlm. 61–66, Jan 2021.
D. P. Githa dan D. P. S. Putri, “RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI DESTINASI WISATA DI BALI,” SINTECH (Science and Information Technology) Journal, vol. 2, no. 2, hlm. 81–90, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/sintechjournal
K. ’Afiifah, Z. F. Azzahra, dan A. D. Anggoro, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database: Sebuah Literature Review,” INTECH (Informatika dan Teknologi), vol. 3, no. 1, hlm. 8–11, 2022.
W. S. Prasetya, “PERANCANGAN MODEL BASIS DATA RELASIONAL DENGAN METODE DATABASE LIFE CYCLE,” Seminar Nasional Informatika, vol. 1, no. 1, hlm. 91–98, 2017.
M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, dan M. H. Aufan, “PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 4, no. 1, hlm. 43–52, Agu 2022, doi: http://dx.doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079.