Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Mata Kuliah Pilihan Menggunakan Metode Profile Matching

Decision Support System College in Choosing Elective Courses with The Profile Matching Method

Authors

  • Ravi Prayoga Institut Teknologi Sumatera
  • Hartanto Tantriawan Institut Teknologi Sumatera

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Profile Matching, GAP, Mata kuliah Pilihan

Abstract

Mata kuliah pilihan yang disediakan program studi merupakan mata kuliah untuk memenuhi minat dan kebutuhan mahasiswa. Tujuan penyusunan mata kuliah pilihan adalah untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa di bidang tertentu. Pada pelaksanaanya sering dijumpai mahasiswa mengalami kesulitan dalam memilih mata kuliah pilihan yang sesuai dengan kelompok keahliannya. Kesulitan ini muncul karena minimnya informasi yang diperoleh oleh mahasiswa. Oleh karena itu sebagian besar mahasiswa mengambil mata kuliah pilihan secara acak demi memenuhi kebutuhan minimum SKS. Salah satu solusi permasalahan ini adalah dengan cara melakukan konsultasi kepada dosen wali. Namun demikian sebagian besar mahasiswa sungkan untuk berkonsultasi dengan berbagai macam alasan. Solusi kedua adalah pembuatan alat bantu berwujud SPK. Penelitian ini membangun SPK berbasis web. Sebuah sistem yang dapat membantu mahasiswa memutuskan mata kuliah pilihan apa yang akan di pilih. SPK dibuat menggunakan metode profile  matching. Profile  matching memanfaatkan analisis GAP pada pencarian nilai profil mahasiswa dengan mata kuliah pilihan. Hasil proses Profile  matching merupakan rangking mata kuliah pilihan. Penelitian ini telah mengembangkan SPK  berbasis website yang membantu mahasiswa memutuskan daftar mata_kuliah pilihan yang harus diambil.

References

V. Wijaya and A. Azhari, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Penempatan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Menggunakan Metode Profile matching,” Bimipa, vol. 24, no. 1, pp. 51–60, 2014.

N. Aeni Hidayah and E. Fetrina, “RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta),” Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 127–134, 2017.

S. Anraeni, “Penentuan Peminatan Mata Kuliah Mahasiswa Program Studi Program Studi Teknik Informatika,” no. December 2014, 2017.

P. Soepomo, “Menggunakan Metode Gap Kompetensi,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, pp. 574–583, 2013.

M. Angeline and F. Astuti, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pramuwisata Menggunakan Metode Profile matching,” J. Ilm. SMART, vol. II, no. 2, pp. 45–51, 2018.

D. A. Rahman, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Yang Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Jenjang SMA/SMK Provinsi Kalimantan Timur dengan Metode SMART berbasis Web.” STMIK Widya Cipta Dharma, 2020.

N. K. D. A. Jayanti and N. K. Sumiari, Teori Basis Data. Penerbit Andi, 2018.

K. C. Laudon and J. P. Laudon, Management information systems. Pearson Upper Saddle River, 2015.

R. Irviani and R. Oktaviana, “Aplikasi Perpustakaan Pada SMA N1 Kelumbayan Barat Menggunakan Visual Basic,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 8, no. 1, pp. 63–69, 2017.

H. Pratiwi, “Jenis-jenis Keputusan,” May 2020.

T. Kristiana, “Penerapan Profile matching untuk penilaian kinerja pegawai negeri sipil (PNS),” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 11, no. 2, pp. 161–170, 2015.

T. Limbong et al., Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

M. A. Nurdin, “Analisis Dan Pengembangan Aplikasi Inhouse Klinik Perusahaan Menggunakan Framework Codeigniter, Studi Kasus Pt Reckitt Benckiser Indonesia,” J. Inform. Terpadu, vol. 3, no. 1, 2017.

Published

2021-12-06