Pengembangan Company Profile Berbasis Video Sebagai Media Promosi Universitas Muhammadiyah Kendari

Development of a Video-Based Company Profile as a Promotional Media for Universitas Muhammadiyah Kendari

Authors

  • Ahmad Hidayath Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Zila Razilu Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Hendra Nelva Saputra Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.979

Keywords:

Company Profile, Media Promosi, Universitas Muhammadiyah Kendari, Video

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu melakukan pengembangan media promosi menggunakan Company Profile berbasis video pada Universitas Muhammadiyah Kendari. Company profile merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi suatu instansi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. dengan model pengembangan 4- D terdiri dari beberapa tahapan: Define (Pendefinisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan angket untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap Pengembangan Video Company profile UM Kendari yang menggunakan Teknik pengumpulan data 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini berupa Pengembangan Video Company profile. Berdasarkan hasil pengujian pengembangan menunjukkan bahwa pengguna berada pada kategori sangat baik dengan pengembangan Pengembangan Video Company profile UM Kendari.

References

R. Gunawan and W. Yudha Apriansyah, “Dirgamaya Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Rancang Bangun Company Profile Kebab Ben’s Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter,” Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 36–45, 2021, doi: https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v1i2.181.

R. P. S. Hunowu, “Perancangan Video Company Profil Universitas Ichsan Gorontalo,” Jurnal Nawala Visual, vol. 3, no. 2, pp. 93–98, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual

N. Rimayanti, A. Yulianti, B. Nasution, and E. E. Lubis, “Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia,” IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, pp. 84–95, Mar. 2019, doi: 10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499.

A. A. J. Permana, N. K. Kertiasih, and I. P. Budhayasa, “Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 6, no. 2, pp. 238–247, 2017.

A. N. Diansyah and U. Khabibah, “Pengembangan Media Promosi Dengan Video Company Profile Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro CC 2018 Pada UMKM D’SIL Homemade Malang,” Jurnal Aplikasi Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 85–88, 2021.

M. Ichfan et al., “Video Profil Universitas Teknologi Akba Makassar Berbasis Multimedia,” Digital Transformation Technology (Digitech), vol. 3, no. 2, pp. 499–504, 2023, doi: 10.47709/digitech.v3i2.2909.

T. M. A. Akbar and A. Munandar, “Perancangan Video Profil PRODI S-1 Teknik Informatika Universitas Ubudiyah Indonesia Sebagai Media Informasi dan Promosi Berbasis Visual Effect,” Journal of Informatics and Computer Science, vol. 4, no. 1, pp. 57–63, 2018, Accessed: Dec. 03, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.33143/jics.Vol4.Iss1.531

A. M. Jasmine and R. B. Loen, “Penggunaan Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Meningkatkan Promosi Pada PT Avoir Industry,” JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, vol. 2, no. 2, pp. 125–132, 2020, Accessed: Dec. 03, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.35746/jtim.v2i2.100

D. N. Astrida, A. Nasyith, and W. Lestari, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcasting System (OBS) Sebagai Upaya Menciptakan Media Pembelajaran yang Efektif Pasca Pandemi Covid-19,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 4, pp. 2272–2276, 2022, doi: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11723.

F. Yuanta, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar,” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 02, p. 91, 2020, doi: 10.30742/tpd.v1i02.816.

Z. Apriliani, U. Hasanah, and A. S. Anas, “Pembuatan Video Profil dengan Efek Vintage Kampung Wisata Adat Sengkoah sebagai Media Informasi,” Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia (JTIM), vol. 1, no. 1, pp. 57–65, 2019, doi: https://doi.org/10.35746/jtim.v1i1.15.

R. P. Sari, F. D. Yulianti, and R. I. K. Pamungkas, “Pengembangan Tampilan Video Company Profile Emaki Al Ma’soem Tadabbur Alam,” Jurnal Pengabdian Bidang Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 2, pp. 34–43, 2022.

U. Khulsum, Y. Hudiyono, and E. D. Sulistyowati, “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA,” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2018.

F. Indriyani and K. R. Sihite, “Pengenalan Huruf, Angka dan Warna Pada Anak Usia Dini Melalui

Pembelajaran Berbasis Multi Media,” Paradigma, vol. 17, no. 1, pp. 20–28, 2015.

Downloads

Published

2024-01-03